Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmuwan Muslim: Inspirator Modernisasi Dunia


Ilmuwan Muslim:
Inspirator Modernisasi Dunia
T. Djamaluddin
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Bandung

Motivasi Qur’ani
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya  malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS 3:190-191)


Ilmuwan Muslim Abad 9 M
Jabir Ibn Haiyan, (~803)
Mohammad Bin Musa al-Khawarizmi, (~840)
Yaqub Ibn Ishaq al-Kindi (800)
Tsabit Ibn Qurra (836)
Ali Ibn Rabban al-Tabari (838)
Abu Abdullah al-Battani (858)
Al-Farghani (860)
Mohammad Ibn Zakariya al-Razi (864)
Abu al-Nasr al-Farabi 870

Ilmuwan Muslim Abad 10-11 M
Abul Hasan Ali al-Masu'di (~957)
Abu al-Qasim al-Zahrawi (936)
Abul Wafa Muhammad al-Buzjani (940)
Abu Ali Hasan Ibn al-Haitsam (965)
Abu al-Hasan al-Mawardi (972)
Abu Raihan al-Biruni (973)
Ibn Sina (980)
Umar al-Khayyam (1044)
Abu Hamid al-Ghazali (1058) 


Jabir Ibn Haiyan
Julukan: Bapak Kimia
Biografi: Abu Musa Jabir Ibn Hayyan/al-Harrani/al-Sufi, anak ahli obat-obatan (Attar). Belajar obat dan kimia di  Kufa ~776, pada Imam Ja'far Sadiq dan Khalid Ibn Yazid (Bani Umayya) dan dukungan Barmaki (zaman Harun al-Rasyid. Meninggal di penjara 803 M.
Kontribusi: Memperkenalkan eksperimen kimia, yang menjadi dasar kimia modern (a.l. mekanisme reaksi kimia, teknik kristalisasi, distilasi), menemukan beberapa mineral dan asam. Kirab-al-Kimya dan Kitab-al-Sab'in diterjemahkan ke bahasa Latin dan populer di Eropa. Kontribusi lain di bidang kedokteran dan astronomi. 


Mohammad Bin Musa Al-Khawarizmi
Asal-Usul: Istilah "Aljabar", berasal dari nama bukunya "Al-Jabr wa-al-Muqabilah". "Algoritma" berasal dari namanya. "Zero" berasal dari "shifr" (kosong).
Biografi: lahir di Khawarizm (Khiva), Uzbekistan, kemudian pindah ke selatan baghdad. Hidup semasa khalifah Al- Mamun at Baghdad (813-833), meninggal  ~840
Kontribusi: Membangun beberapa konsep dan cabang matematika (a.l. solusi persamaan linier dan kuadrat). Memperkenalkan sistem angka Hindu-Arab (0,1,2,3...) dan "0" (nol), pembuka perkembangan matematika modern. Tabel triginometri, tabel astronomi, jam, sundial (jam matahari), peta bumi dan diameter bumi. Buku-bukunya terkenal di Eropa dan Cina sampai abad 16.

Post a Comment for "Ilmuwan Muslim: Inspirator Modernisasi Dunia"