Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmuwan Muslim: Inspirator Modernisasi Dunia (Part 3)


Ilmuwan Muslim:
Inspirator Modernisasi Dunia
(Part 3)

Abu'l-Abbas Ahmad al-Farghani
Biografi: Abu'l-Abbas Ahmad ibn Muhammad ibn Kathir al-Farghani lahir di Farghana, Transoxiana. Hidup pada masa khalifah al-Mamun (~860 M).
Kontribusi: Kitab fi al-Harakat al-Samawiya wa Jawami Ilm al-Nujum , tentang gerakan benda langit dan dasar-dasar ilmu bintang berpengaruh pada perkembangan astronomi abd 12-17 di Eropa. Menentukan diameter bumi dan planet.


Abu Ali Hasan Ibn al-Haitsam
Julukan: Bapak optik modern. Nama di Barat Alhazem.
Biografi: Lahir 965 di Basrah dan belajar di Baghdad. Ditugaskan ke Mesir untuk menemukan cara mengontrol sungai Nil (gagal), pindah ke Spanyol. Wafat 1040 M.
Kontribusi: Lintasan cahaya di berbagai media dan hukum pembiasan cahaya, kajian spektrum cahaya. Kitab-al-Manadhir  membahas warna matahari terbenam, fenomena fisis tentang bayangan, pelangi, gerhana, dan cahaya. Kajian tentang mata dan proses melihat.  Mizan al-Hikmah membahas kerapatan atmosfer, refraksi atmosfer, dan tinggi matahari saat senja. Teori gaya tarik benda. Hukum mekanika.  Karyanya lebih dari 200 buku.


Abu Raihan al-Biruni
Biografi: Abu Raihan Mohammad Ibn Ahmad al-Biruni lahir 973 di Khiva, Kazkhstan.  Dibawa Sultan Mahmood Ghaznawi ke  India beberapa kali den bertukar ilmu dengan pendeta Hindu. Wafat 1048.
Kontribusi:  Buku al-Qanun al-Masudi, fi al-Hai'a wa al-Nujum membahas beberapa teori astronomi, trigonometri, serta gerakan matahari, bulan dan planet. Geografi, termasuk lintang dan bujur berbagai tempat. Membahas rotasi bumi dan fenomena astronomi. Buku al-Tafhim-li-Awail Sina'at al-Tanjim ringkasan matematika dan astronomi.

Ibn Sina (Avicenna)
Julukan: Bapak Kedokteran. Nama di Barat Avicenna
Biografi: Lahir 980 M di Afshanam, dekat Bukhara (Kazkhstan) . Sejak kecil telah hafal AlQuran, umur 6 tahun telah belajar fikih dan astronomi. Umur 17 tahun tertarik kedokteran. Sempat bekerja sebagai dokter di Khiva, Hamadan, dan berpindah-pindah, sampai ke Ray dan Isfahan (Iran). Sempat menjadi Perdana Menteri di Hamadan setelah menyembuhkan Amir Syamsud-dawal. Wafat 1036.
Kontribusi: Buku 99:  16 kedokteran, 68 teologi dan metafisika, 11 astronomi. Buku al-Qanun al-Tibb berisi uraian kedokteran Yunani-Arab, berisi sekitar sejuta kata, dengan bagian utama: prinsip umum, obat sederhana secara alfabet, penyakit pada organ-organ tubuh dari kepala ke kaki, penyakit yang menyebar je seluruh tubuh (seperti demam), racikan obat. Juga membahas pembedahan untuk mengangkat kanker. 

Ibn Rusyd (Averroes)  
Biografi: Abu'l Waleed Muhammad Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn Rushd, lahir 1128 M di Kordoba, Spanyol. Banyak belajar dari koleksi perpustakaan Kordoba yang mengoleksi 500.000 buku. Wafat di Maroko 1198.
Kontribusi: Kitab al-Kulyat fi al-Tibb  berisi berbagai aspek kedokteran, termasuk diagnosa, penyembuhan, dan pencegahan penyakit. Tuhafut al-Tuhafut menanggapi karya Al-Ghazali, dipengaruhi pola pikir Eropa. Tafsir mengomentari karya Aristototles berdasarkan analisisnya dan tafsir Al-Quran. Karyanya lebih dari 20.000 halaman, mencakup filosofi, astronomi, kedokteran, fikih. Pemikirannya mempengaruhi Eropa pada abad 12 – 16.

Post a Comment for "Ilmuwan Muslim: Inspirator Modernisasi Dunia (Part 3)"