Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ringkas Menghafal Hadits

Rahasia Hafalan
Tips-Tips Dasar Quantum Tahfizh Hadits For Aktivis
(Silahkan dilike page facebook Anda: Quantum Tahfiz Hadits For Aktivis)
->Membangun visi Dakwah
 -Tanamkan dalam hati bahwa tujuan Anda untuk menghafal hadits adalah untuk mendakwahkannya.
-Sadari bahwa kekuatan komitmen Anda dalam menghadapi tantangan ketika menghafal hadits di tentukan oleh kekuatan visi yang Anda bangun.
->Membangun kecintaan
-Rasa cinta Anda terhadap hadits-hadits Rasulullah SAW akan menentukan konsisten atau tidaknya Anda dalam menambah dan mengulang-ulang hafalan hadits Anda.
-Kecintaan terhadap Hadits Rasulullah SAW dapat dibangun dengan membaca kisah-kisah perjuangan para ulama hadits dalam mencari dan mengumpulkan hadits-hadits Rasulullah SAW.
-Saya rekomendasikan Anda untuk membaca buku Trilogi :
-Buku 1 "Dahsyatnya Kesabaran Para Ulama".
-Buku 2 "Sungguh Mengagumkan Manajemen Waktu Para Ulama"
-Buku 3 "Karena Ilmu Mereka Rela Membujang"
Ketiga buku di atas adalah karya Syaikh Abdul Fattah diterbitkan oleh Pustaka Zam-zam.

->Membuat buku koleksi hadits
-Harus difahami bahwa kitab-kitab hadits sangatlah banyak, sehingga terkadang Anda akan kebingungan untuk menghafalkan kitab yang mana. Oleh karena itu, mulailah untuk mencari dan menemukan hadits-hadits yang Anda rasa menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk Anda hafalkan.
Sebagai aktivis dakwah, hadits-hadits yang Anda butuhkan biasanya lebih banyak berkaitan dengan kondisi umat, fitnah yang dihadapi umat, dan lain-lain.
-Jika Anda sudah menemukan beberapa hadits yang ingin Anda hafalkan, maka rangkumlah hadits-hadits tersebut dalam sebuah buku catatan hadits khusus koleksi Anda, hal ini berfungsi agar Anda memiliki pegangan yang Akan Anda butuhkan untuk mengulang hafalan Anda kelak.
->Membuat jadwal khusus untuk menambah hafalan dan mengulanginya
-Jadwal yang akan Anda buat tentunya disesuaikan dengan jadwal dan waktu yang Anda miliki sebagai aktivis dakwah yang sangat sibuk dengan agenda di berbagai tempat. Demikian pula dengan mengulang hafalan hadits.
->Sinkronkan Antara jadwal menambah hafalan Al-Qur'an Anda dengan jadwal menambah hafalan hadits Anda. Jika memungkinkan, dilakukan dalam satu waktu, maka hal itu lebih baik. Namun harus sesuai dengan porsinya masing-masing. 

By
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah

Aswin Ahdir Bolano

Post a Comment for "Tips Ringkas Menghafal Hadits"