Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wahai Pemuda Muslim...!!!!


Wahai Pemuda Muslim,  Beginilah Seharusnya Karaktermu…!!!!

Tugas-tugas kita di jalan dakwah ini sungguh sangat berat wahai saudaraku pemuda muslim di seluruh dunia…!!!. Namun, ana inginkan kita semua renungi bait-bait berikut:

Ketika Hati terasa lemah, kuatkan ia dengan dzikrullah……….
Ketika hati terasa hampa, lapangkan ia dengan sedekah……..
Ketika semua terasa susah, mudahkan ia dengan istikharah………..
Jika semua telah kau coba, maka tutuplah ia dengan berpasrah……….


 Semua tugas berat di jalan dakwah  itu tidak akan terlaksana dengan baik, kecuali jika kita mau berusaha untuk menumbuhkan dan menjaga karakter-karakter berikut pada diri kita masing-masing sebagai aktivis dakwah di semua lini:
1)      Iman yang kuat, yang tidak mudah tergoyahkan.
"Sesungguhnya orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar."
(Al-Hujurat 49:15)

2)      Keikhlasan yang tinggi, yakni tidak berharap apapun dari dakwah ini, serta menjaganya dari riya.
"Padahal mereka tidak disuruh, kecuali untuk menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah (cara) beragama yang lurus."
(Al-Bayyinah 98:5)

3)      Tekad yang kuat tanpa mengenal takut
"Yaitu orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah agama Allah; mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada siapa pun selain kepada Allah,"
(Al-Ahzab 33:39)

4)      Kerja keras tanpa mengenal lelah, tetap memelihara serta mempertahankannya.
"Dan katakanlah:"Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat perkerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan"
(At-Taubah 9:105)

5)      Pengorbanan yang menyeluruh tanpa berharap apa pun, selain pertolongan dari Allah berupa kemenangan atau  mati syahid.
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu cobaan sebagaimana yang telah menimpa orang-orang sebelum kamu ??? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan berbagai macam cobaan), sehingga berkatalah rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya:"Kapankah datangnya pertolongan Allah? "Ingatlah,sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."
(Al-Baqarah 2:214)

Wahai saudaraku di mana pun antum berada…..!!!!!!!!
Itulah karakter pemuda mukmin yang menepati janjinya kepada Allah Azza wa Jalla, Mereka tidak pernah gentar menyusuri jalan Allah; rela dan sabar dengan cercaan orang-orang; memiliki hati yang ikhlas; berfikiran bersih dan cerdas; memiliki tekad dan kemauan yang membaja; dan berkeyakinan tinggi. Karakter-karakter ini tidak akan didapatkan kecuali pada seorang pemuda mukmin.
Oleh karena itu, pemuda-pemuda seperti inilah yang akan menjadi pilar-pilar kebangkitan umat, kunci kekuatan mereka, pengusung bendera kekuatan dan kemuliaan, dan komandan pasukan mereka menuju kemenangan.
"….Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk"
(Al-Kahfi 18:13)

Perlu kita ketahui pula wahai saudaraku pemuda muslim….!!!!!!!
Bahwa pejuang-pejuang mukmin yang bermarkas di rumah Al-Arqam yang telah dicatat oleh sejarah dengan tinta emas sebagai kunci kemenangan islam adalah dari golongan pemuda.

Mereka adalah Muhammad Rasulullah SAW berusia 40 tahun; Abu Bakar 37 tahun; Umar 27 tahun; Utsman lebih muda dari Rasulullah SAW, dan Ali yang lebih muda dari mereka semua. Selain mereka, ada Abdullah bin Mas'ud, Abdurrahman bin Auf, Arqam bin Abi Arqam, Sa'id bin Zaid, Mush'ab bin Umair, Bilal bin Rabah, Ammar bin Yasir, dan puluhan, bahkan ratusan sahabat lainnya. Mereka semua adalah pemuda.

Para pemuda musim di atas adalah pejuang-pejuang yang telah mengemban tugas berat dakwah, yang tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan amanah-amanah yang kita emban di kampus atau pun di masyarakat tempat kita berada, mereka telah merasakan manisnya ayat-ayat tentang sabar, penderitaan, serta pengorbanan di jalan dakwah. Mereka pula yang telah berjuang demi tersiarnya islam, kemenangan dan kekokohannya, sehingga dalam waktu sekejap saja mereka telah berhasil mendirikan daulah islam lengkap dengan pemerintahannya, pemimpin dan staf-stafnya. Selain itu, mereka pun telah berhasil menaklukkan dua kerajaan besar pada masa itu, Yaitu Persia dan Romawi.

By
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah
Aswin Ahdir Bolano
Diadaptasi dari :
Abdullah Nashih Ulwan
(Sumber: Wahai Pemuda muslim! Inilah jalanmu menuju surga)

Post a Comment for "Wahai Pemuda Muslim...!!!!"