Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecintaan Ulama Terhadap Ilmu

Tips Belajar Para Ulama

Dalam kitab Tartib al-Madarik karya al-Qadhi' Iyadh jilid 4 halaman 217, disebutkan mengenai biografi al-Faqih al-Maliki ahli hadits Imam Muhammad bin Suhnun al-Qairawani, lahir tahun 202 H dan wafat tahun 256 H (Semoga Allah merahmati beliau). 

Riwayatnya sebagai berikut:"al-Maliki menuturkan, Muhammad bin Suhnun memiliki seorang budak wanita yang bernama Ummu Mudam. Suatu hari, ia bertandang ke rumahnya. Saat itu, beliau sibuk menulis buku di malam hari. Datanglah watuknya makan malam, Budak tersebut meminta izin masuk ke kamarnya untuk menyajikan makan malam. Beliau hanya menjawab,"Saya sedang sibuk!" ujar sang Imam.


Budak tersebut pun masuk ke dalam ruang tempat di mana sang Imam sedang sibuk dengan menulis dan menelaah berbagai kitab favoritnya.
Karena terlalu lama menunggu dan khawatir makanan tersebut akan sangat dingin, maka sang budak akhirnya memutuskan untuk menyuapkan makanan tersebut ke mulut sang imam hingga beliau mengunyahnya, dengan tetap tidak meninggalkan sedikitpun telaahnya terhadap kitab-kitab favoritnya.

Hal itu berlangsung hingga makanan semuanya selesai dimakan oleh sang imam, dan beliau tetap sibuk dengan tulisan dan telaahnya hingga datang waktu shalat subuh.

Setelah selesai shalat subuh, sang imam merasa lapar kembali, dan berkata kepada budak tersebut,"Maaf, aku sangat sibuk, sehingga melupakanmu tadi malam, wahai Ummu Mudam! Tolong berikan makanan yang engkau tawarkan tadi malam!" Budak tersebut menjawab,"Tuanku, demi Allah, aku sudah menyuapkannya ke mulutmu semalam," ujar budak tersebut heran. Sang Imam menjawab,"lho..? kok aku tidak merasakannya? Tanya Sang Imam lebih heran lagi."


Komentar ana:
Itulah di antara contoh kecintaan para ulama terdahulu terhadap keilmu keislaman, maka bagaimanakah dengan kondisi umat islam saat ini..?? masihkah ada setitik kecintaan yang tersisa terhadap ilmu-ilmu keislaman..? hingga menyita ketertarikan untuk sekedar makan malam ataupun tidur di malam hari..?
Semoga kisah ini menjadi motivasi bagi kita semua….!!!

Dinukil dari buku"Sungguh Mengagumkan Manajemen Waktu Para Ulama" Karya Syaikh Abdul Fattah yang diterbitkan oleh Pustaka Zam-Zam

"Kebahagiaan terbesar di hati ini akan muncul, jika ada seorang saja dari umat ini yang berhasil mengetahui ilmu dan hukum keislaman melalui  telaah terhadap karya tulis yang dihasilkan oleh kedua belah tangan ini, Demi Allah, tidak ada hal lain lagi dari dunia ini yang kami inginkan selain itu." (Aswin Ahdir Bolano)

Bandung, 25 Jumadil Ula 1434 H/6 April 2013 Pkl.13.31 WIB
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah
Aswin Ahdir Bolano

Post a Comment for "Kecintaan Ulama Terhadap Ilmu"